Hal-hal Yang Nyebelin dari Dunia Kpopers di Media Sosial

HAL YANG NYEBELIN DARI PARA FANGIRL/FANBOY DI SOSMED

 

 

Sebenarnya sih, ini bukan postingan dari hasil murni penelitian gue terhadap dunia K-Pop fans. Postingan ini muncul berkat koarannya Si Juki tentang pendukung capres yang fanatik. Yaa, ada sedikit lah hal-hal tambahan dari gue sendiri (hasil pengamatan sekaligus pengalaman).

 

Kalo mau buka postingan aslinya milik Si Juki yang paling kece seantero itu, buka aja lewat link ini. Klik aja jangan sungkan2. :p Juki kaga gigit kok : D

 

Langsung aja deh, hal-hal yang nyebelin dari dunia kpopers.

 

  1. Merasa dirinya dan idolanya yang paling bener

Beberapa fans emang terlihat mendewakan idolanya, seolah-olah idolanya itu gak pernah salah dan selalu bener.

Yang ini mah gue udah nemu dimana2, di facebook, twitter, IG, sampe di pasar -_-

 

Choi : “idola gue paling jago kayang, kemaren dia cetak rekor 3 jam kayang”

Park : “tapi idola lu kagak punya attitude. Mending idola gue, bisa mecahin soal matematika tingkat PAUD, udah gitu fandom gue cool, chic dan gak pernah fanwar lagi.”

Choi : “kapan gak pernah fanwar? Fandom lu itu bobrok, fandom gue itu berkelas!”

Park : “berkelas apanya? Fandom suka nyogok dibilang berkelas? Kagak salah tuh? Idola gue gak pernah menang award tuh karena emang dia gak mentingin  awards, viewers, atau voting2 gak berguna lainnya. Bukan karena kalah..”

Choi : “bilang aja kalo emang gak ada yang mau voting idola lu! Idola gue baru 1 jam rilis MV, udah tembus 1 triliun viewers. Dasar, idola lu miskin viewers.”

Park : (plak) “KITA PUTUSS!!!”

 

 

Parah! Giliran gak ada yang sepaham sama dia langsung dituduh macam2. Apalagi kalo sampe memecah hubungan pertemanan.

1

(cr. img : sijuki.com)

 

 

  1. Bangga yang berlebihan

Rasa bangga itu wajar, wajar banget apalagi kalo tiba2 bapak kita jadi Ketua Dusun paling populer di negara kita. Patut disyukuri. Kapan lagi anaknya bisa numpang tenar? XD

Nah, kalo seumpama kelakuan kita sebagai anaknya berlebihan sampe setiap detik update status di twitter kalo bapaknya itu paling populer supaya bisa jadi TTWW itu #lmao. Atau kalo ada wartawan lewat, “mas, aku anaknya si Ketua Dusun populer itu loh. Liput gue doongs!” sambil ngibasin rambut. Alay? Of course.

 

Tapi lebih alay lagi kalo begini,

Gong : “eh, bapak kamu yang tukang PLN itu ya?”

Do : “kok kamu tahu sih?”

Gong : “yaiyalah, kemarin dia benerin listrik di rumah gue. Ye, mending bapak gue, Ketua Dusun paling populer, paling ganteng, paling kece di negeri gue, paling ..(bla, bla)” Hihihi…

 

Kalo di dunia Fangirl/Fanboy Kpop emang gimana? Yaa, kalo yang baca tulisan gue ini anak kpopers pasti tahu dong. Pas ada artikel judulnya, “Ren NU’EST Terpilih Menjadi Member Girlgrup Paling Cantik”

 

Si fans, namanya Kang, langsung komen, “Ren gitu loh. Idola paling cantik, paling imut dan paling seksi. Gak ada yang lebih cantik dari Ren, bahkan emak gue sekalipun.. Ren itu paalliiing cantik. Gak kayak idol sebelah, udah oplas jelek lagi! Camkan itu! :v”

Mulai deh, bangga berlebihan yang kesannya malah sombong dan merendahkan orang lain. Padalah si Kang ini cuma baca judulnya doang, belum baca artikelnya. Tau2 isinya “Ren NU’EST dinobatkan sebagai idola tercantik VERSI MAJALAH BOBOHO tahun 1861!” How embarrassed they can be? XD

 

Entar bisa2 kayak gini lagi..

4

 

 

 

  1. Suka Emosi

Ini nih ngeselin juga. Kayak pas waktu gue ngeposting fotonya GD sama Jennie dulu di FP, eh tiba2 nongol makhluk trus komen “dasar, jennie kim parasit. KUNTILANAK LU!”

 

Pas gue juga posting kayak beginian yang niatnya cuma bercanda dikit, “Dasar! Seungri yadong. Makanya kaga laku, wkwk”

Trus si fans ada yang komentar, “WOY! INI NAMANYA FITNAH!! LU JANGAN NUDUH SEMBARANGAN IDOLA GUE YADONG. DIA EMANG GAYANYA KAYAK GITU. GUE TAU, KALO ELO ITU ANTIS.” Niatnya gue cuma becanda, gue malah dituduh yang enggak2. Dibilang antis, spy atau apalah itu. Hmm -_____-

 

Ini nih contohnya fons yang mentalnya terguncang pas liat biasnya ngedate sama idola lain. Haha..

Mitsuki_hanabira

 

Sabar guys! Orang sabar disayang Tuhan, orang emosian cepet tua XD

 

 

  1. Pairing Couple yang Berlebihan

Ini kadang juga ngeselin, kalo si ‘shipper’ suka heboh sendiri dan alay kalo liat pasangan favoritnya pake benda yang sama dikitlah. Gitu langsung dibilang pacaran. Bukannya gua ga suka sih, atau gue cemburu sama idol yang dipasangin sama idol lain. Tapi kadang tingkah mereka itu suka bikin ‘pairing’ yang berujung fanwar. Gak percaya? Gue kasih contoh!

 

Fansnya si G-Ri (GD-Seungri) yakin banget kalo dua orang ini bener2 real, udah kayak sepasang kekasih dan gak ada pasangan yang lebih nyata dari mereka. Lain lagi, fans pasangan satunya si G-Yang (GD-Yang Hyun Suk) lebih yakin lagi kalo hubungan GD sama Yang Hyun Suk itu gak kurang dari sebatas temen, tapi lebih. Si fans ini update status, kalo si Yang Hyun Suk emang paling takut sama GD di YG soalnya dia ga mau kehilangan GD.

 

Fansnya si G-Ri baca, tersinggung deh trus komen, “lu kaga pernah liat atau kudet? Jelas2 G-Ri itu real, mereka bahkan tinggal satu apartmen cuma berdua.”

 

Fansnya G-Yang balas lagi sambil emosi, “GAK ADA YANG LEBIH REAL DARI G-YANG!! G-RI TINGGAL BARENG ITU CUMA SEBATAS REKAN KARENA MEREKA SATU BOYGRUP!!!! ENAK AJA LO SEENAKNYA BILANG KALO G-YANG KAGAK REAL! DASAR!”

 

Fans G-Ri : “eh, siapa yang bilang G-Yang gak real? Cek lagi dong komen gue. Capslock lu jebol ya, sampe nulis gede2 gitu?! Ih, oon!!”

Fans G-Yang : “ELO YANG O’ON! POKOKNYA G-YANG PALING REALL!! TITIK.”

Fans G-Ri : “apa lu bilang? Gue o’on? Eh, ini pencemaran nama baik ya,,. Gue laporin polisi luh..” dan bla bla… yang akhirnya menjadi fanwar tak berujung (lagi).

 

Plis deh. Kalo emang suka pairing couple ya sewajarnya aja, buat seneng2, buat pairing di fanfiction fanart atau poster kan lebih berseni (?). Tapi kalo suka pairing couple sampe bikin grup antis buat couple lain, buat tujuan fanwar, atau sampe ngelapor polisi itu namanya LEBAY! XD Bisa2 gua yakin kalo GD ngedate sama gue, si fans pairing ini bakal bunuh diri nyebur di got -_-

 

 

  1. Bikin banyak akun palsu buat nyerang haters

Repot banget sampe bikin akun palsu buat bela idolanya dan nyerang haters. Kadang akun kaya gini nih suka ngomong jelek, ngerendahin orang lain, nyebar fitnah lagi, dan st..

Hati2 loh! Gue pernah baca artikel di blog, orang yang ‘Multiple-Personality’ atau biasa disebut Berkepribadian Ganda itu salah satunya adalah orang yang punya banyak akun palsu di sosmed. Kok bisa? Cari aja artikelnya di google. Haha xD

 

Jadi kalo ada yang merasa punya akun banyak, yang tujuannya aneh2, bisa2 kamuuu.. Ya gitu deh. Sembunyi dibalik akun palsu~~

 

 

  1. Nyebarin berita negatif

Nah, kalo di dunia pendukung capres kan namanya ‘black campaign’ , kalo di dunia Kpop  ga tau gue apa namanya. Ya hampir mirip lah sama black campaign, cuma gak pake kampanye segala. Bayangin aja kalo antis pake acara kampanye buat nyebarin berita negatif idol lain -_-

 

Hanya bermodal fakta ‘katanya’ itu bisa jadi pemicu fanwar lagi loh -____-

Si Kim tiba2 bilang, “eh katanya EXO udah gak perawan lagi loh, say. Tapi gak tau lagi sih kalo masih perjaka!”. Si Lee yang ngeliat komentar itu dan kebetulan antipati banget sama EXO langsung deh berpikiran buat nyebar berita itu. Dan kebetulan lagi dia admin salah satu page Anti EXO, tanpa cari tau fakta dan kebenarannya langsung bikin postingan deh.

 

“Ada kabar gembira untuk kita semua! Kini, EXO tidak lagi perawan. Kasian ya exofens, suka kok sama boyben yang udah kagak perawan. Hahaha.. mending Boboy Junior mereka belum sunat.”

 

Postingan itu mengundang beragam reaksi, mulai dari fansnya EXO yang gak terima, Antis yang semakin menjadi-jadi sampe si netral pusing gak karuan.

Fans : “kata siapa lo? Punya bukti? Idola gue itu masih perawan, mereka aja bahkan gak mau pegangan tangan sesama member demi menjaga keperawanan mereka. Siap2 aja fp lo gue hack,,”

Antis : “Makan tuh kagak perawan. Mending gue, jelek jelek manusia. Daripada ganteng-ganteng serigala” (?)

Netral 1 : “udah deh, gak usah ditanggapin. Suka banget sih fanwar, kayak gue dong netral, sukanya sama pak Jokowow.”

Netral 2 : “nae gag ngerti apa yang yorobeun bicarakan. Nae berharap kita semua bisa akur ya chingu. Eonni, oppa, ahjumma, aboji, kita semua itu saudara. Nae cuma pengen kita akur dan gak bertengkar lagi.”

 

Padahal, yang digosipin cuma ngasih ekspresi….

Mitsuki_hanabira

 

Ada fakta (kadang cuma hoax) yang negatif dikit langsung, “Wah, sebarin aja!”. Langsung bikin status di sosmed.-__-

 

Nah, kalo ada berita negatif tentang idolanya, ditutup-tutupin, dianggap wajarlah, apalah. Kalo ada berita positif tentang idolanya, “Mantap idola gue”. Yang salah jadi bener, yang bener jadi tambah makin dibener-benerin.  Giliran ada yang salah dikit sama idola lain, “makan tuh! Idola udah oplas gak berbobot masih aja disuka. Dasar, fans penyembah setan!” Sampe ngatain fans lain penyembah setan segala. Dosa tuh -_-

Remember! ‘ RUMOR dibawa oleh HATERS, disebarkan oleh ORANG BODOH, dan diterima oleh IDIOT!‘

 

 

Ya kalo emang benci ya sewajarnya aja sih, ga perlu sebar fitnah, sampe temen2 yang gak sependapat sama dia di remove/unfollow, saling sindir2an sampe nyepam Timeline dan beranda user lain. Beda pendapat itu wajar kalees. Ada yang bilang, REAL HATERS gak perlu peduli si idola itu mau ngapain, siapa pacarnya, berapa jumlah followersnya, cari hal negatif trus nyebarin. Makanya banyak yang bilang haters itu fans yang tertunda. Soalnya dia stalk terus orang yang gak dia suka.

 

 

 

Fangirls/fanboys  di dunia kpopers itu emang gak semuanya kayak hal2 yang gue tulis di atas. Masih banyak fans yang kalem, fair dan kreatif. Disetiap fandom itu emang ada ‘mutualisme’nya ada juga ‘parasitisme’nya. Gue malah gak yakin, ada fandom yang terus2 tenang dan gak pernah ribut. (Semoga habis ini ada)

 

Dan… Tulisan gue ini gue tulis bukan karena gue merasa sempurna, seolah-olah ntar biar gue keliatan gue itu gak pernah war, gak pernah ngelakuin hal2 childish. Percaya deh, dulu gue pernah ngelakuin itu. Tapi itu dulu. ‘Aku yang dulu bukan aku yang sekarang.’ Dulu pas SMP suka labil nanggepin antis, pake emosi lagi ngetiknya.

Alhamdulillah sekarang sadar dan jangan sampe ngelakuin itu lagi. Masa bodo deh buat yang ngatain. Ya komen sih dikit2 aja, tapi nyante aja gak pake emosi, dibikin #fun. Hargai aja pendapat orang lain, meskipun sakit banget rasanya disini tunjuk dengkul. Kalo kata CL sih, “karma is looking for you!” kekeke~ Ntar kelakuannya juga balik ke dia sendiri.

 

Kadang geli juga kalo liat fans saling bermusuhan, padahal kedua idola mereka itu akrab banget. Sampelnya, Bigbang sama 2NE1, Suju sama SNSD, atau Sooman sama Yang. Mereka kan akrab banget . ngapain fansnya sampe war segalaa u,u

 

 

Semakin kamu brutal membela idola kamu, semakin idolamu terlihat buruk. Bukan begitu? Y. Wassalam.

 

Note : Mohon jangan copy/paste tulisan ini. Hanya diizinkan untuk mereblog atau membagi link postingan ini. Disini juga tidak menerima silent readers, yang merasa silent readers silakan go away! ^^ Sekian, terima kasih 🙂

 

-Indri Devagate-

Follow me [at] Twitter and Tumbrl

 


9 respons untuk ‘Hal-hal Yang Nyebelin dari Dunia Kpopers di Media Sosial

  1. Ya kalo emang benci ya sewajarnya aja sih, ga perlu sebar fitnah, sampe temen2 yang gak sependapat sama dia di remove/unfollow, saling sindir2an sampe nyepam Timeline dan beranda user lain. Beda pendapat itu wajar kalees. Ada yang bilang, REAL HATERS gak perlu peduli si idola itu mau ngapain, siapa pacarnya, berapa jumlah followersnya, cari hal negatif trus nyebarin. Makanya banyak yang bilang haters itu fans yang tertunda. Soalnya dia stalk terus orang yang gak dia suka. <– aku setuju sama paragraf ini. trus sama shipper yang berlebihan misal sehun- luhan waktu sehun pergi sama tao katanya sehun selingkuh hello lah emang pairing itu pacaran ? hubungan mereka gak lebih dari rekan kerja,teman atau kakak adik. trus tentang baekhyun-taeyeon sampe haters taeyeon dibash secara berlebihan tante giranglah apalah sampe ngomong ga pantes di IG. Kalo mereka memang saling suka kita mau ngapain coba. dukung ajalah. 😀 maaf ya kalo panjang

    1. itu salah 😥 hatersnya taeyeon nge-bash secara berlebihan tante giranglah apalah sampe ngomong ga pantes di IG. <–yang bener

      1. Iya, apa masalahnya kalo kedua idol yang berpacaran saling suka? Kita kan ga bisa ngatur privasi seseorang hanya karena kita fans mereka. Kalo sampe ngebash itu sih keterlaluan, ngatain yang enggak-enggak. Itu kan fitnah banget ._.

        Thank’s komennya 🙂

  2. “dasar, jennie kim parasit. KUNTILANAK LU!”

    HAHAHAHAHA sumpah maafkan aku asli geli banget pas baca kalimat itu XDD

    terus juga memenya exo yg ada chanyeol di tengah “mama dia alay” haha asli bayangin chanyeol beneran ngomong kaya gitu astaga tolong maafkan selera humorku:’DD

  3. ih nemu post ini lucu banget 😀 walaupun udah setahun yang lalu, dibaca skrg pun masih bikin ketawa 😀
    iya aku jg suka sebel sm kpopers yg kek gitu, kadang2 aneh jg sih sm yg ngeship sesama member cowok kyk pacaran, tp gak masalah sih gak ngerugiin aku kok 😀 btw, aku jg kadang2 gt sih, kl biasku salah dimaklumin, kl bnr dibanggain, tp sebatas dlm hati aja karena aku sendiri sadar berlebihan itu kadang menyiksa diri u,u

  4. Wahh setuju banget aku :D, aku juga kepoper,tp aku juga biasa gak suka kalo ada kpoper yg terlalu alay,atau ngeship sesama member lah,terlalu lebay dan semacamnya, 🙂 makasih udah ngepost ini yaaaa 😉

  5. hahaha smpah asli ketwa nggakak baca tulisan ini, pernah ngalamin nangepin fans tetangga yg sampe minta bukti kebaikan bias gue dan kalo gue bisa ngasih bukti kebaikan bias gue ke bias dia, dia bakal tutup buku buat ga nyinyir lagi kkkkkk sama bias gue. akhir nya berujung pada pemblokan account twitter gue , karena dia malu kalo nyinyir nya kebaca ssama gue

Tinggalkan komentar